PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan : ......................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII (1) / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
Mendengarkan 1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1. 1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
|
|
· Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan · Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
|
| 1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
|
| · Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan · Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi |
|
Berbicara 2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
|
· Mampu menulis kerangka cerita pengalaman · Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
|
| 2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
|
| · Mampu menulis kerangka pengumuman · Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
|
|
Membaca 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
|
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
|
|
· Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat · Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
|
|
| 3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
| · Mampu membaca cepat 200 kata per menit · Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan |
|
| 3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
|
| · Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara · Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat |
|
Menulis 4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
|
· Mampu menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari! · Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
|
| 4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
|
| · Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi · Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif
|
|
| 4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
| · Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman · Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
|
Mendengarkan 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan |
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengar kan |
|
· Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng · Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng |
|
| 5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
|
| · Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan · Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang |
|
Berbicara 6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
|
· Mampu menentukan pokok-pokok cerita · Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik · Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat |
|
| 6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
| · Mampu menentukan pokok-pokok cerita · Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik · Mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka cerita |
|
Membaca 7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
|
· Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca · Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita · Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis. |
|
| 7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
| · Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari · Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun |
|
Menulis 8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
|
|
· Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks · Mampu menulis pantun
|
|
| 8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar |
| · Mampu menentukan pokok-pokok dongeng · Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng |
|
Jumlah |
|
Mengetahui, Kepala ……………
(__________________________) NIP / NIK : .......................... |
| ………..,……………… 20 ……. Guru Mapel Bahasa Indonesia
(_______________________) NIP / NIK : .......................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar