Ukiran Lambang Garuda Pancasila

dapatkan Ukiran Lambang Garuda Pancasila di www.garudajepara.com. mengingat dalam undang-undang dasar 45 mewajibkan bangsa indonesia untuk melengkapi ruangan instansi dengan memasang atribut lambang garuda pancasila.
Anda boleh membaca atau mengcopy artikel-artikel di blog ini secara GRATISS, karena kami yakin anda juga adalah salah seorang yang selalu ingin belajar untuk maju. Semoga artikel-artikel kami bermanfaat untuk kalian semua. Amin

Rabu, 09 Maret 2011

contoh SILABUS PEMBELAJARAN

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah : ...................................

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)

Standar Kompetensi : Mendengarkan

1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Penilaian

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

1. 1 Menyimpul­kan isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat

Penyimpulan berita

o Mendengarkan isi/sari berita yang dibacakan

o Menuliskan isi/sari berita yang dibacakan

o Mendiskusikan isi berita yang ditulis

o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi

o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea.

· Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan

· Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea

Tes tulis

Uraian

· Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan!

· Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea!

2 X 40’

Teks berita dari media massa maupun elektronik

Isi/sari berita

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

1.2 Menuliskan kembali be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

Penulisan kembali berita (yang didengarkan)

o Mendengarkan berita yang dibacakan

o Mendiskusikan isi/sari berita

o Mengembangkan isi/sari berita menjadi berita dengan susunan yang bervariasi

· Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan

· Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi

Penugasan individual/ke-lompok

Pekerjaan rumah (PR)

· Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi!

2 X 40’

Teks berita dari media massa maupun elektronik

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Tanggung jawab ( responsibility )

Integritas ( integrity )

Peduli ( caring )

Jujur ( fairnes )


SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah : ...................................

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)

Standar Kompetensi : Berbicara

2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Penilaian

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

Cara menceritakan pengalaman yang menge­sankan dan implementasi- nya

o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan du­kungan gambar seri

o Bertanya jawab tentang gaya bercerita narasumber

o Memilih pengalaman yang paling mengesankan

o Menyusun kerangka cerita pengalaman

o Berlatih bercerita

o Bercerita berdasarkan kerangka cerita dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

· Mampu menulis kerangka cerita pengalaman

· Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

Tes praktik/kinerja

Uji petik kerja

· Tulislah kerangka cerita pengalamanmu!

· Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!

4X40’

Pengalaman pribadi yang mengesan-kan

Buku Teks

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

Penyampaian pengu­muman

o Mencermati model penyampaian teks pengumuman

o Bertanya jawab tentang gaya penyampaian pengumuman yang disampaikan oleh model

o Menenentukan topik pengumuman

o Menyusun kerangka pengumuman

o Berlatih mengumumkan

o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

· Mampu menulis kerangka pengumuman

· Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Tes praktik/kinerja

Uji petik kerja

· Tulislah kerangka pengumuman!

· Umumkanlah secara lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka pengumuman yang telah kamu tulis!

6X40’

Selebaran Pengumum-an

Lingkungan

Buku teks

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah : ...................................

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)

Standar Kompetensi : Membaca

3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

Kompetensi

Dasar

Materi

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Alokasi

Waktu

Sumber

Belajar

Teknik Penilaian

Bentuk

Instrumen

Contoh

Instrumen

3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya

o Membaca teks nonsastra

o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus

o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu)

o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema) secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya)

· Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat

· Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

Observasi

Lembar observasi

· Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak

· Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak

2 X 40’

Kamus Besar Ba­ha­sa Indonesia

Teks nonsastra

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Berani ( courage )

3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

Penyimpulan isi bacaan

o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya.

o Menghitung waktu membaca

o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan

o Menghitung Kecepatan Efektif Membaca (KEM)

o Menentukan pokok-pokok bacaan

o Merangkai pokok-pokok bacaan

o Menyimpulkan isi bacaan

· Mampu membaca cepat 200 kata per menit

· Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan

· Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

Tes praktik/kinerja

Uji petik kerja

· Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali!

· Jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. ...

2. ... dst.

Hitunglah KEM kamu

· Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu!

2X40’

Stopwatch,

Teks bacaan

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Berani ( courage )

3.3 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

Pembacaan teks perangkat upacara

o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara

o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara

o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi

o Berlatih membacakan teks perangkat upacara

o Membacakan teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat

· Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara

· Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat

Tes tulis

Tes praktik/kinerja

Uraian

Uji petik kerja produk

· Berilah tanda jeda pada berbagai teks perangka upacara yang terdapat di sekolahmu!

· Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat!

6 X 40’

Teks perangkat upacara

Buku teks

v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Berani ( courage )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Nafa Graphica akan selalu berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Alamat; Jl. Jepara Bugel KM 05 Peteketan Rt 01 Rw 01,kec. Tahunan Kab. Jepara .E-mail: nafagraphica@gmail.com Hp: 081 390 917 439