SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1. 1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
| Penyimpulan berita | o Mendengarkan isi/sari berita yang dibacakan o Menuliskan isi/sari berita yang dibacakan o Mendiskusikan isi berita yang ditulis o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. | · Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan · Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
| Tes tulis
| Uraian | · Tulislah minimal lima isi/sari berita dari sepuluh isi/sari berita yang dibacakan! · Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea! | 2 X 40’ | Teks berita dari media massa maupun elektronik Isi/sari berita
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) |
|
|
|
|
| |||
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
| Penulisan kembali berita (yang didengarkan) | o Mendengarkan berita yang dibacakan o Mendiskusikan isi/sari berita o Mengembangkan isi/sari berita menjadi berita dengan susunan yang bervariasi | · Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan · Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi | Penugasan individual/ke-lompok | Pekerjaan rumah (PR) | · Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi! | 2 X 40’ | Teks berita dari media massa maupun elektronik
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Tanggung jawab ( responsibility ) Integritas ( integrity ) Peduli ( caring ) Jujur ( fairnes ) |
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
| Cara menceritakan pengalaman yang mengesankan dan implementasi- nya | o Mendengarkan cerita dari narasumber mengenai pengalaman yang mengesankan dengan dukungan gambar seri o Bertanya jawab tentang gaya bercerita narasumber o Memilih pengalaman yang paling mengesankan o Menyusun kerangka cerita pengalaman o Berlatih bercerita o Bercerita berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif | · Mampu menulis kerangka cerita pengalaman · Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
| Tes praktik/kinerja | Uji petik kerja | · Tulislah kerangka cerita pengalamanmu! · Ceritakanlah pengalamanmu yang paling mengesankan itu berdasarkan kerangka yang kamu tulis dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat yang efektif!
| 4X40’ | Pengalaman pribadi yang mengesan-kan Buku Teks |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) |
|
|
|
|
| |||
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
| Penyampaian pengumuman | o Mencermati model penyampaian teks pengumuman o Bertanya jawab tentang gaya penyampaian pengumuman yang disampaikan oleh model o Menenentukan topik pengumuman o Menyusun kerangka pengumuman o Berlatih mengumumkan o Mengumumkan dengan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
| · Mampu menulis kerangka pengumuman · Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
| Tes praktik/kinerja | Uji petik kerja | · Tulislah kerangka pengumuman!
· Umumkanlah secara lisan dengan bahasa yang lugas dan sederhana masalah ... berdasarkan kerangka pengumuman yang telah kamu tulis! | 6X40’ | Selebaran Pengumum-an Lingkungan Buku teks |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) |
|
|
|
|
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ...................................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII (Tujuh) /1 (Satu)
Standar Kompetensi : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
| Cara menemukan makna kata secara cepat dan implementasi-nya | o Membaca teks nonsastra o Menandai kata-kata baru dan menentukan kata itu sebagai lema yang akan dicari maknanya dari kamus o Berpasangan untuk menemukan lema secara cepat dan tepat dari kamus yang sudah disediakan (satu siswa mencari lema, siswa yang lain menghitung waktu) o Berpasangan untuk menemukan makna kata (lema) secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam teks bacaan (satu siswa mencari arti lema sesuai konteks, siswa yang lain menghitung waktunya) | · Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat
· Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
| Observasi | Lembar observasi | · Siswa dapat menemukan lema dalam kamus dengan waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak · Siswa dapat menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan dalam waktu minimal (sesuai dengan waktu yang ditentukan): ya/ tidak
| 2 X 40’ | Kamus Besar Bahasa Indonesia Teks nonsastra |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) |
|
|
|
|
| |||
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
| Penyimpulan isi bacaan | o Membaca bacaan yang terdiri atas 200 kata atau kelipatannya. o Menghitung waktu membaca o Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan o Menghitung Kecepatan Efektif Membaca (KEM) o Menentukan pokok-pokok bacaan o Merangkai pokok-pokok bacaan o Menyimpulkan isi bacaan | · Mampu membaca cepat 200 kata per menit
· Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
· Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan | Tes praktik/kinerja
| Uji petik kerja
| · Buka dan bacalahlah teks yang terlipat di atas mejamu setelah terdengar bel satu kali dan berilah tanda garis miring pada akhir kata yang dibaca setelah terdengar bel 2 kali! · Jawablah beberapa pertanyaan berikut! 1. ... 2. ... dst. Hitunglah KEM kamu
· Tuliskan pokok-pokok bacaan itu, kemudian simpulkan isi bacaan berdasarkan pokok-pokok bacaan itu! | 2X40’ | Stopwatch, Teks bacaan |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) |
|
|
|
|
| |||
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
| Pembacaan teks perangkat upacara | o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi o Berlatih membacakan teks perangkat upacara o Membacakan teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat | · Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
· Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat | Tes tulis
Tes praktik/kinerja
| Uraian
Uji petik kerja produk | · Berilah tanda jeda pada berbagai teks perangka upacara yang terdapat di sekolahmu!
· Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat! | 6 X 40’ | Teks perangkat upacara Buku teks |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) |
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar