PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
( KKM )
Penetapan KKM Analisis Pencapai KKm
RAMBU-RAMBU
- KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
- KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
- KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
- Kriteria ditetapkan untuk masing-masing Indikator Pencapaian Kompetensi idealnya berkisar 75%
- Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal
- Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas Indikator Pencapaian Kompetensi dan kemampuan sumber daya pendukung.
- KKM dapat di cantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipili sekolah.
CONTOH LANGKAH-LNGKAH YANG MENGGUNAKAN KKM
KRITERIA PENERAPAN KKM
- Kompleksitas Indikator Pencapaian Kompetensi (Kesulitan & Kerumitan)
- Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
- Intake siswa (masukan kemapuan siswa)
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : .........................
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Nilai KKM : ..............
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | KOMPLEKSITAS | DAYA DUKUNG | INTEKS SISWA | KKM | |
GURU | SARANA/ PRASARANA | ||||||
Aspek : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita | 1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
| · Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan |
|
|
|
|
|
· Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea
|
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 1.1. |
| ||||||
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat | · Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan |
|
|
|
|
| |
· Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi |
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 1.2. |
| ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 1 |
| ||||||
Aspek : Berbicara 2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
| 2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
| · Mampu menulis kerangka cerita pengalaman |
|
|
|
|
|
· Mampu menceritakan pengalaman yang paling mengesankan berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
|
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 2.1. |
| ||||||
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
| · Mampu menulis kerangka pengumuman |
|
|
|
|
| |
· Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana |
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 2.2. |
| ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 2 |
| ||||||
Aspek : Membaca 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca | 3.1 Menemu-kan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai | · Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat |
|
|
|
|
|
· Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan
|
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 3.1. |
| ||||||
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
| · Mampu membaca cepat 200 kata per menit |
|
|
|
|
| |
· Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan |
|
|
|
|
| ||
· Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan |
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 3.2. |
| ||||||
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
| · Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara |
|
|
|
|
| |
· Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat |
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 3.3. |
| ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 3 |
| ||||||
Aspek : Menulis 4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi | 4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
| · Mampu menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari! |
|
|
|
|
|
· Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!
|
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 4.1 |
| ||||||
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
| · Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi · Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif |
|
|
|
|
| |
KKM KOMPETENSI DASAR 4.2 |
|
| |||||
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
| · Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman |
|
|
|
|
| |
· Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
|
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 4.3 |
| ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 4 |
| ||||||
Aspek : Mendengarkan 5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan | 5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng yang diperdengar kan | · Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng |
|
|
|
|
|
· Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng |
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 5.1 |
| ||||||
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan situasi sekarang
| · Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan |
|
|
|
|
| |
· Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
|
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 5.2 |
| ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 5 |
| ||||||
Aspek : Berbicara 6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita | 6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
| · Mampu menentukan pokok-pokok cerita |
|
|
|
|
|
· Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik |
|
|
|
|
| ||
· Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
|
|
|
|
| ||
| KKM KOMPETENSI DASAR 6.1 |
| |||||
| 6.2 Bercerita dengan alat peraga
| · Mampu menentukan pokok-pokok cerita |
|
|
|
|
|
· Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik |
|
|
|
|
| ||
· Mampu bercerita dengan menggunakan alat peraga berdasarkan kerangka cerita |
|
|
|
|
| ||
| KKM KOMPETENSI DASAR 6.2 |
| |||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 6 |
| ||||||
Aspek : Membaca 7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca | 7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
| · Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca |
|
|
|
|
|
· Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita |
|
|
|
|
| ||
· Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis. |
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 7.1 |
| ||||||
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
| · Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari |
|
|
|
|
| |
· Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
|
|
|
|
|
| ||
| KKM KOMPETENSI DASAR 7.2 |
| |||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 7 |
| ||||||
Aspek : Menulis 8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng | 8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat-syarat pantun
| · Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks |
|
|
|
|
|
· Mampu menulis pantun
|
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 8.1 |
| ||||||
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar | · Mampu menentukan pokok-pokok dongeng |
|
|
|
|
| |
· Mampu menulis dongeng berdasarkan urutan pokok-pokok dongeng |
|
|
|
|
| ||
KKM KOMPETENSI DASAR 8.2 |
| ||||||
KKM STANDAR KOMPETENSI 8 |
| ||||||
KKM SEMESTER 1 (SATU) |
|
Catatan :
*) Diisi prosentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).
Catatan :
Mengetahui, Kepala ........................,
( ............................................. ) NIP/NIK : |
| .............., ...., ................ 20... Guru Mapel Bahasa Indonesia
( ........................................) NIP/NIK : |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar