Ukiran Lambang Garuda Pancasila

dapatkan Ukiran Lambang Garuda Pancasila di www.garudajepara.com. mengingat dalam undang-undang dasar 45 mewajibkan bangsa indonesia untuk melengkapi ruangan instansi dengan memasang atribut lambang garuda pancasila.
Anda boleh membaca atau mengcopy artikel-artikel di blog ini secara GRATISS, karena kami yakin anda juga adalah salah seorang yang selalu ingin belajar untuk maju. Semoga artikel-artikel kami bermanfaat untuk kalian semua. Amin

Rabu, 09 Maret 2011

contoh PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

PENETAPAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

( KKM )






Penetapan KKM




Analisis Pencapai

KKm


RAMBU-RAMBU

  • KKM ditetapkan pada awal tahun pelajaran
  • KKM ditetapkan oleh forum MGMP sekolah
  • KKM dinyatakan dalam bentuk persentase berkisar antara 0 – 100
  • Kriteria ditetapkan untuk masing-masing Indikator Pencapaian Kompetensi idealnya berkisar 75%
  • Sekolah dapat menetapkan KKM di bawah kriteria ideal
  • Dalam menentukan KKM dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas Indikator Pencapaian Kompetensi dan kemampuan sumber daya pendukung.
  • KKM dapat di cantumkan dalam LHBS sesuai model yang dipili sekolah.

CONTOH LANGKAH-LNGKAH YANG MENGGUNAKAN KKM




KRITERIA PENERAPAN KKM

  • Kompleksitas Indikator Pencapaian Kompetensi (Kesulitan & Kerumitan)
  • Daya dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
  • Intake siswa (masukan kemapuan siswa)

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )

TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah : .........................

Kelas/Semester : VII/1

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Nilai KKM : ..............

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

KOMPLEKSITAS

DAYA DUKUNG

INTEKS

SISWA

KKM

GURU

SARANA/

PRASARANA

Aspek : Mendengarkan

1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita

1.1 Menyimpul­kan isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat

· Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan

· Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea

KKM KOMPETENSI DASAR 1.1.

1.2 Menuliskan kembali be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

· Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan

· Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi

KKM KOMPETENSI DASAR 1.2.

KKM STANDAR KOMPETENSI 1

Aspek : Berbicara

2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

· Mampu menulis kerangka cerita pengalaman

· Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

KKM KOMPETENSI DASAR 2.1.

2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

· Mampu menulis kerangka pengumuman

· Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

KKM KOMPETENSI DASAR 2.2.

KKM STANDAR KOMPETENSI 2

Aspek : Membaca

3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

· Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat

· Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

KKM KOMPETENSI DASAR 3.1.

3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

· Mampu membaca cepat 200 kata per menit

· Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan

· Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

KKM KOMPETENSI DASAR 3.2.

3.3 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

· Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara

· Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat

KKM KOMPETENSI DASAR 3.3.

KKM STANDAR KOMPETENSI 3

Aspek : Menulis

4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi

4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar

· Mampu menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!

· Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

KKM KOMPETENSI DASAR 4.1

4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

· Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi

· Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif

KKM KOMPETENSI DASAR 4.2

4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

· Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman

· Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif

KKM KOMPETENSI DASAR 4.3

KKM STANDAR KOMPETENSI 4

Aspek : Mendengarkan

5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan

· Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng

· Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng

KKM KOMPETENSI DASAR 5.1

5.2 Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

· Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan

· Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang

KKM KOMPETENSI DASAR 5.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 5

Aspek : Berbicara

6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita

6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

· Mampu menentukan pokok-pokok cerita

· Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik

· Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

KKM KOMPETENSI DASAR 6.1

6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

· Mampu menentukan pokok-pokok cerita

· Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik

· Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita

KKM KOMPETENSI DASAR 6.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 6

Aspek : Membaca

7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca

7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

· Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca

· Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita

· Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.

KKM KOMPETENSI DASAR 7.1

7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

· Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari

· Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

KKM KOMPETENSI DASAR 7.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 7

Aspek : Menulis

8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng

8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

· Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks

· Mampu menulis pantun

KKM KOMPETENSI DASAR 8.1

8.2 Menulis kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar

· Mampu menentukan pokok-pokok dongeng

· Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng

KKM KOMPETENSI DASAR 8.2

KKM STANDAR KOMPETENSI 8

KKM SEMESTER 1 (SATU)

Catatan :

*) Diisi prosentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan sesuai dengan rentang nilai yang tercantum dalam format analisis ketercapaian standar ketuntasan belajar minimal (format B).

Catatan :

Mengetahui,

Kepala ........................,

( ............................................. )

NIP/NIK :

.............., ...., ................ 20...

Guru Mapel Bahasa Indonesia

( ........................................)

NIP/NIK :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer

Nafa Graphica akan selalu berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Alamat; Jl. Jepara Bugel KM 05 Peteketan Rt 01 Rw 01,kec. Tahunan Kab. Jepara .E-mail: nafagraphica@gmail.com Hp: 081 390 917 439