Ukiran Lambang Garuda Pancasila

dapatkan Ukiran Lambang Garuda Pancasila di www.garudajepara.com. mengingat dalam undang-undang dasar 45 mewajibkan bangsa indonesia untuk melengkapi ruangan instansi dengan memasang atribut lambang garuda pancasila.
Anda boleh membaca atau mengcopy artikel-artikel di blog ini secara GRATISS, karena kami yakin anda juga adalah salah seorang yang selalu ingin belajar untuk maju. Semoga artikel-artikel kami bermanfaat untuk kalian semua. Amin

Selasa, 22 Maret 2011

TES PSIKOLOGI: MINAT, BAKAT, POTENSI, MULTIPLE INTELLEGENCES, IQ, EQ, SQ

Banyak orang yang tidak mengetahui potensi yang ada dalam dirinya. Terkadang orang menjalani kehidupan ini berdasarkan keinginan yang tidak mendasar. Pilihan hidup yang ditentukan pun tidak sesuai dengan potensi, minat dan bakat yang dimiliki. Sehingga tidak sedikit orang yang melalui kehidupannya dengan tidak maksimal. Bahkan cenderung menemui kegagalan.

Salah satu penyebabnya adalah tidak mengetahui potensi diri . Dampak dari itu semua adalah orang cenderung menyalahkan orang lain dan lingkungan karena kegagalannya. Namun mereka tidak sadar bahwa sesungguhnya kegagalan itu muncul karena ketidaktahuan tentang potensi dirinya.

Dalam praktek, misalnya siswa SMA akan yang memilih jurusan. Setidaknya ada tiga jurusan yang bisa dipilih, yaitu IPA, IPS atau Bahasa. Kebanyakan orang tua banyak menginginkan anaknya untuk masuk jurusan IPA. Meskipun anak tersebut tidak menginginkannya atau potensi anak bukan di jurusan IPA.

Contoh lainnya ketika anak akan melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi. Selalu jurusan-jurusan yang berhubungan dengan IPA yang kadang “dipaksakan” oleh orang tua. Misalnya kedokteran, teknik, dan lain-lain. Padahal semua jurusan itu sama bagusnya. Harusnya memilih jurusan disesuaikan dengan minat dan potensi anak. Bukan karena keinginan orang tua atau karena prestise semata.

Di dunia kerja, banyak orang yang bekerja setengah hati. Sehingga aktivitas pekerjaanya tidak maksimal. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Salah satu penyebab yang paling menentukan adalah tidak sesuainya pekerjaan yang dilakukan dengan potensi diri. Potensi-potensi diri yang seharusnya bisa dikembangkan dan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Dan potensi diri akan menjadi redup dan padam ketika tidak diasah dan dikembangkan.

Oleh karena itu kami hadir untuk membantu Anda untuk mengenal diri sendiri demi memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri. Kami memiliki beberapa layanan psikologi, yang salah satunya bisa untuk mengetahui multiple intelligences.

Mengapa setiap orang perlu mengetahui Multiple Intelligences? Dalam pengertian yang kita kenal selama ini, intelegensi merupakan ukuran tunggal yang bisa diukur dengan alat test IQ sehingga pertanyaan yang muncul adalah, “seberapa pandaikah saya?”. Namun dari pengertian Multiple Intelligences, pertanyaan yang muncul adalah, “Bagaimana saya menjadi pandai?”. Pada dasarnya, setiap orang dilahirkan dengan sejumlah kecerdasan potensial yang siap dikembangkan. Oleh sebab itu, dengan mengetahui perkembangan Multiple Intelligences, kita dapat meningkatkan kemampuan kita dan memudahkan kita dalam menggapai cita-cita dan tujuan hidup kita.

Dengan mengetahui potensi diri maka Anda akan dengan mudah dan tepat merencanakan masa depan dengan baik. Multiple Intelligences merupakan indikator penting dan alat untuk menerima informasi baru sebagai pilihan gaya belajar, gaya bekerja, dan perilaku serta kekuatan alaminya. Tipe-tipe intelegensi yang dimiliki seseorang tidak hanya mengindikasikan sebuah kapasitas seseorang, tetapi juga bagaimana mereka memilih cara belajar dan mengembangkan kekuatannya, sekaligus meminimalkan kelemahannya.

Dengan mengetahui profil Multiple Intelligence , anda juga dapat menikmati hidup anda dan melakukan pekerjaan dan aktivitas anda dalam bidang yang anda kenali dan anda akan merasa “nyaman”. secara bertahap hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri anda karena telah menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan baik sehingga hal ini akan berpengaruh positif bagi anda.

Mengacu pada konsep multiple intelligences , satu hal yang perlu kita ingat adalah, “kita semua pandai dalam cara yang berbeda”. Intelegensi bukanlah suatu kesatuan tunggal yang bisa diukur secara sederhana dengan test IQ. Intelegensi dapat ditingkatkan dan berkembang sepanjang sejarah hidup seseorang. Dr Gardner mendefinisikan intelegensi sebagai suatu kapasitas untuk memecahkan permasalahan atau membentuk produk yang bernilai dalam satu atau lebih latar budaya.

Tipe-tipe multiple intelligences dan kecenderungannya:

1. Linguistic Intelligences (kecerdasan Linguistik) adalah kapasitas menggunakan bahasa

untuk menyampaikan pikiran dan memahami perkataan orang lain, baik secara lisan maupun tertulis.

2. Logical-Matematical Intelligence (Kecerdasan Logika Matematika) adalah kapasitas untuk menggunakan angka, berpikir logis untuk menganalisa kasus atau permasalahan, dan melakukan perhitungan matematis.

3. Visual-spatial Intelligences (kecerdasan visual–spasial) adalah kapasitas untuk mengenali dan melakukan penggambaran atas objek atau pola yang diterima otak.

4. Bodily–Kinesthetic Intelligence ( Kecerdasan kinestetik) adalah kapasitas untuk melakukan koordinasi pergerakan seluruh anggota tubuh.

5. Musical Intelligence (Kecerdasan Musical) adalah kapasitas untuk mengenal suara dan menyusun komposisi irama dan nada.

6. Interpersonal Intelligences (Kecerdasan Interpersonal) adalah kapasitas untuk memahami maksud, motivasi, dan keinginan orang lain.

7. Intrapersonal Intelligences (Kecerdasan Intrapersonal) adalah kapasitas untuk memahami dan menilai motivasi dan perasaan diri sendiri.

8. Naturalist Intelligences (Kecerdasan Naturalis) adalah kapasitas untuk mengenali dan

mengelompokkan fitur tertentu di lingkungan fisik sekitarnya, seperti binatang, tumbuhan dan kondisi cuaca.

Dr Gardner menyatakan bahwa kecerdasan-kecerdasan tersebut tidak beroperasi secara sendiri-sendiri. Kecerdasan tersebut dapat digunakan pada satu waktu yang bersamaan dan cenderung saling melengkapi satu sama lain saat seseorang mengembangkan kemampuannya untuk memecahkan permasalahannya. Hal ini termasuk juga bahwa kecerdasan-kecerdasan tersebut dapat digunakan untuk hal yang bersifat membangun atau merusak. Jadi hal ini tergantung bagaimana cara seseorang mengelola dan memanfaatkan kecerdasan-kecerdasan yang ada pada dirinya tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Nafa Graphica akan selalu berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Alamat; Jl. Jepara Bugel KM 05 Peteketan Rt 01 Rw 01,kec. Tahunan Kab. Jepara .E-mail: nafagraphica@gmail.com Hp: 081 390 917 439