Ukiran Lambang Garuda Pancasila

dapatkan Ukiran Lambang Garuda Pancasila di www.garudajepara.com. mengingat dalam undang-undang dasar 45 mewajibkan bangsa indonesia untuk melengkapi ruangan instansi dengan memasang atribut lambang garuda pancasila.
Anda boleh membaca atau mengcopy artikel-artikel di blog ini secara GRATISS, karena kami yakin anda juga adalah salah seorang yang selalu ingin belajar untuk maju. Semoga artikel-artikel kami bermanfaat untuk kalian semua. Amin

Rabu, 09 Maret 2011

contoh PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)

DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Satuan Pendidikan : ......................................

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester : VII (1) / 1

Tahun Pelajaran : 20... -20...

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

KKM

Indikator Pencapaian Kompetensi

Alokasi Waktu

Mendengarkan

1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita

1. 1 Menyimpul­kan isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat

· Mampu menulis isi/sari berita yang didengarkan/dibacakan

· Mampu menyimpulkan isi/sari berita dalam satu alinea

1.2 Menuliskan kembali be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat

· Mampu menemukan isi/sari berita yang didengarkan

· Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi

Berbicara

2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif

· Mampu menulis kerangka cerita pengalaman

· Mampu menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na

· Mampu menulis kerangka pengumuman

· Mampu mengumumkan dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

Membaca

3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca

3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai

· Mampu menemukan lema secara cepat dan tepat

· Mampu menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit

· Mampu membaca cepat 200 kata per menit

· Mampu menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
Mampu menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

3.3 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat

· Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara

· Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat

Menulis

4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi

4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar

· Mampu menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari!

· Mampu secara rutin menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif!

4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa

· Mampu menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi

· Mampu menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif

4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar

· Mampu menentukan pokok-pokok pengumuman

· Mampu menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif

Mendengarkan

5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan

5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan

· Mampu menemukan ide-ide menarik dalam dongeng

· Mampu merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng

5.2 Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

· Mampu menemukan isi dongeng yang diperdengarkan

· Mampu merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang

Berbicara

6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita

6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

· Mampu menentukan pokok-pokok cerita

· Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik

· Mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

· Mampu menentukan pokok-pokok cerita

· Mampu merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik

· Mampu bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita

Membaca

7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca

7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

· Mampu menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca

· Mampu merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita

· Mampu menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.

7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

· Mampu menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari

· Mampu mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

Menulis

8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng

8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun

· Mampu menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks

· Mampu menulis pantun

8.2 Menulis kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar

· Mampu menentukan pokok-pokok dongeng

· Mampu menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng

Jumlah

Mengetahui,

Kepala ……………

(__________________________)

NIP / NIK : ..........................

………..,……………… 20 …….

Guru Mapel Bahasa Indonesia

(_______________________)

NIP / NIK : ..........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Nafa Graphica akan selalu berusaha untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Alamat; Jl. Jepara Bugel KM 05 Peteketan Rt 01 Rw 01,kec. Tahunan Kab. Jepara .E-mail: nafagraphica@gmail.com Hp: 081 390 917 439